Ayam bakar Wong solo

Dipos pada February 3, 2022

Ayam bakar Wong solo

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam bakar Wong solo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam bakar Wong solo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam bakar Wong solo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam bakar Wong solo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam bakar Wong solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam bakar Wong solo memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum. Resep uda lama belum aplod. Heheh... Ngetik resepnya nunggu malam jum'at kliwon emang不不 Cocok buat menu buka menyambut Bulan Ramadhan. Cocok cocok Aja mah Aku itu. Semua makanan msuk ajaa不 #pejuanggoldenapron3 #week49 Resep asli mba citra : https://cookpad.com/id/resep/14329676-%F0%9F%8D%97ayam-bakar-wong-solo-ala-chef-supri%F0%9F%8D%97?invite_token=1hdT35Mdvz57PdeukuRcZVz8&shared_at=1614983666

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam bakar Wong solo:

  1. 翡umbu Ayam ungkep :
  2. 8 potong ayam bagian paha
  3. 1500 ml air matang
  4. 1 batang serai (aku skip)
  5. 4 sdt garam
  6. 1 sdt kaldu jamur
  7. 3 ruas kunyit haluskan
  8. 10 bh bawang putih haluskan
  9. 5 bh bawang merah haluskan (tambahan)
  10. 3 ruas jahe haluskan (skip)
  11. 翡umbu olesan
  12. 5 bawang merah
  13. 5 bawang outih
  14. 3 cabe merah besar
  15. 5 sdm gula merah sisir
  16. 1 sdm margarin untuk numis
  17. 2 sdm minyak goreng
  18. 1 sdt kaldu jamur dan garam
  19. 50 ml Air
  20. 翡ahan olesan
  21. Kecap, air

Langkah-langkah untuk membuat Ayam bakar Wong solo

1
Cuci bersih ayam, beri jeruk nipis dan garam. Marinasi 30 menit, bilas kembali, blender bumbu ayam ungkep. Kemudian tumis hingga harum,tambahkan daun jeruk
Ayam bakar Wong solo - Step 1
Ayam bakar Wong solo - Step 1
Ayam bakar Wong solo - Step 1
2
Masukkan ayam,air,tutup wajan dan ungkep hingga matang. Jangan lupa aduk2
Ayam bakar Wong solo - Step 2
Ayam bakar Wong solo - Step 2
3
Sambil nunggu ungkep ayam, kita bikin bumbu olesan bakarannya. Haluskan bumbu olesnya (kecuali margarin dan air) dg blender, Lalu Lelehkan margarin, tumis bumbu oles hingga wangi, tambahkan air, tumis hingga mengental. Angkat
Ayam bakar Wong solo - Step 3
4
Pindahkan bumbu oles yg sudah ditumis dlm wadah, tambahkan kecap manis dan 3 sdm air. Aduk rata (maaf ye bun. Gambarnya campur Sama pentol bakar, wkwkwk bakarnya barengan. Biar baranya sekalian不不)
Ayam bakar Wong solo - Step 4
5
Siapkan grill pan/alat bakarannya/teflon. Olesi dg sedikit margarin. Panggang/bakar sambil di oles2 sisa bumbunya smp ada gosong2nya
Ayam bakar Wong solo - Step 5
Ayam bakar Wong solo - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Bakar Taliwang (santan)

Ayam Bakar Taliwang (santan)

Masih dg resep hasil recook milik teh widy. Setelah bernostalgia dg menu tahu gejrot, saatnya nyoba menu ayam bakar taliwang versi pakai santan. Sebelumnya pernah bikin versi tanpa santan. Dan semuanya enaaaakkkk Cabenya sedikit ku banyakin biar pedasnya berasa. Bisa dikurangi klo ga suka pedas Source : widynaura #RecookJuri #ResepWidy #GACC_SalamKompakSelalu #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron

15.95 Ayam bakar iloni khas gorontalo

15.95 Ayam bakar iloni khas gorontalo

Menu ini mirip sekali dg ayam bumbu bali,kalo di jawa khususnya solo mirip dg ayam bumbu rujak,tp disolo terkenal dg cirikhasnya yaitu pedas manis,kalo ayam iloni ini pedas gurih,pas banget nih dg lidah aku,makan satu paha dg 1centong berasa kurang puas...yaahhh gagal diet deh Ohya bahan" aku dapat dari #belanjaidedipasarcookpad lho terinspirasi dari mb lina clover yg menang kocokan minggu ini dan menantang kita untuk membuat menu khas sulawesi,karna kurang phm dg sajian luar jawa jadilah cari" contekanketemu resepnya mb @olif bunda qonita,baguslah buat menu hari ini弘 Source : olif bunda qonita #pejuanggoldenapron3 #wongsolomasak #sarindusolowesi #semarak_sarindusolowesi #cookpadcommunity_solo #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #emaknusantarakreatif #kedapuraja #masakitusaya #Dapoer_angkring

2 porsi
1jam
Sambel ayam bakar pedas

Sambel ayam bakar pedas

Keluarga saya semua suka sambel kalo makan tanpa sambel itu ga enakjd setiap hr sy bkin sambel mau yg goreng atau rebus atau mentah pun ada. Krna sering makan juga diluar jd rasa sambel nya kebawa bawa smpe pngin membuat sendiri di rumah

5 porsi
15menit
Ayam bakar bumbu rempah

Ayam bakar bumbu rempah

Ayam bakar buatan umiku tercinta.

10 orng
1jam
Ayam Bakar Kalasan ala Rumahan bahan seadanya

Ayam Bakar Kalasan ala Rumahan bahan seadanya

Anakku mau nasi liwet, untung ke pasar beli dada ayam setengah. Tadinya mau di buat rawon. Berhubung mau ngeliwet tidak ada lauknya, jadi di masak saja. #PejuangGoldenBatikApron

5 porsi
45 menit
Sambal Ayam Bakar

Sambal Ayam Bakar

#PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_semarang

Ayam bakar taliwang

Ayam bakar taliwang

Karena anak anak suka banget sama ayam, dan udah lama gak bikin ayam bakar jadilah bikin ayam bakar..

Ayam Bakar

Ayam Bakar

Pekan ini waktunya Cooksnap admin genk peda, karna pergantian kepengurusan. Teruntuk mak ade (panggilan sayang dari gadis簡 peda), Terima kasih atas dedikasinya untuk #GenkPeda dan karna bersamaan dengan program monas di JCCo, terima kasih untuk sharing ilmunya ya mak, bermanfaat sekali弘 Untuk resep ini, aku buat 2 resep dengan tambahan sayap ayam. Source: @dapurade50 #Cooksnapadmin_DapurAde #GenkPenjuangDapur #CooksnapAdminGenkPeda #MRT_DapurAde #CookpadCommunity_Jakarta

Ayam Bakar Kalasan

Ayam Bakar Kalasan

Menu yang paling cepat habis dirumah adalah segala macam masakan berbahan dasar ayam, seperti yg satu ini sekali makan aja dah habis apalagi di tambah sambal plus kerupuk, dah jauhkan periuk nasinya biar g gawat xixixixi #CookpadIndonesia #DirumahAja #MasakAsyik #MasakanRumahan #MasakItuSaya #OlahanAyam #MasakanKhasJogya #AyamBakarKalasan

Ayam bakar madu

Ayam bakar madu

3 porsi
Ayam bakar

Ayam bakar

MasyaAllah ini enak banget loh, dapet resep dari xanders kitchen, trimakasih resepnya Cuma yg ini aku kasih tambahan bumbu merica dan ketumbar, rasanya kurang afdol aja klo ungkep ayam g pake merica dan ketumbar Dan air kelapanya jg sedikit sekali, kebetulan sdang ada stok dikulkas tp klo dihabisin semua buat ungkep ayam kok sayang jd pakai dikit aja hehe Dan rasanya 中 Baru kali ini aku bisa bikin ayam bakar seenak ini dirumah, biasanya rasa seenak ini cuma bisa didapat kalo beli di rumah makan mewah, mepet sawah hehe... Emang view-nya kadang dibikin bale2 dg view pedesaan gt sih, jd waktu makan sambil bayangin lg disana ,Halah.... Tp ini pakenya ayam potong biasa, kalau pakai ayam kampung lebih mantab lg mungkin..

Ayam Bakar Wong Solo

Ayam Bakar Wong Solo

Kali ini posbar tema solo, semoga berkenan ya mbak neili. Cobain yuk rasa ayam bakar yang manis dan yang pasti ngabisin nasi. #SoloBalapan #Semarak_SoloBalapan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #PejuangGoldenApron3

Ayam Bakar Enak

Ayam Bakar Enak

Paling suka makan ayam bakar.. apalagi pas dapat kulitnya hmm... Pizza mah lewaat da...da... Resep ini enak menurutku, masih d ungkep aja udah enak apalagi dibakar...

Ayam bakar madu teflon

Ayam bakar madu teflon

secukupnya
1 jam
Sambal Ayam Bakar

Sambal Ayam Bakar

Pas banget lagi buat ayam bakar, nah cocok nih untuk teman ayam bakar Cusss buattt deh. #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #CookpadCommunity_Indonesia

10 Menit
Ayam bakar oven

Ayam bakar oven

Udah lama pengen banget masak ayam utuh. Karena waktu yg padat mulu, jadi nya tunda2 terus. Akhir nya kesampaian juga. Sekalian nyobain fungsi oven buat panggang ayam 五

Ayam Bakar Padang Teflon

Ayam Bakar Padang Teflon

Recook yu bun... Pasti ketagihan deh... 弘 foto sy ambil saat syukuran kesehatan anakku ...

2-4 porsi
1 jam 30 menit
Ayam Bakar Taliwang Teflon

Ayam Bakar Taliwang Teflon

Ayam bakar ini emang ciri khasnya penuh dengan bumbu, udah pasti enak dan sengaja gak dibuat pedes karna anak ku juga ikut makan.. anak dan suami lahap banget makan ini sampe nambah nasi Apalagi ditambah sambel ayam bakar nya, cocok banget. Yang mau resep nya aku share yaa. Note : Seharusnya dengan takaran bumbu ini untuk 1 ekor ayam, tapi aku tetep pakai takaran ini supaya ada sisa dari bumbu ungkep nya. Sisa bumbu ungkepnya bisa di simpen dikulkas lagi buat bumbu olesan next bikin tempe/ tahu panggang pake bumbu ini yg amat simple kan?? Tapi bikin ngabisin nasi dirumah #AyamBakar #AyamBakarTaliwang #AyamBakarSimple #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #CookpadCommunity_Indonesia

30 Menit
Ayam Bakar Madu

Ayam Bakar Madu

MasyaAllah. Nikmat. Dominasi rasanya manis, karena pakai madu dan kecap manis #cookpadcommunity_depok #rekreasi_depok Source : @devi_destriana

4-5 orang
45-60 menit