Ayam Bakar Bumbu Rujak

Dipos pada February 4, 2022

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Bakar Bumbu Rujak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Bakar Bumbu Rujak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Bakar Bumbu Rujak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Bakar Bumbu Rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Bakar Bumbu Rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cooksnap dari resep mbak @susan_mellyani dengan modifikasi ala saya menyesuaikan dgn ketersediaan bahan. #CookpadCommunity_Jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak:

  1. 1/2 ekor ayam potong2
  2. 3 sdm fibercreme (atau 1 bks santan instan segitiga)
  3. Bumbu cemplung :
  4. 2 lembar daun salam
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. 1 batang sereh geprek
  7. 1 sdm gula merah
  8. 1 sdt garam/sesuai selera
  9. Bumbu halus :
  10. 3 siung bawang putih
  11. 5 siung bawang merah
  12. 1 butir kemiri
  13. 1/2 sdt kunyit bubuk
  14. 1/2 sdt jahe bubuk
  15. 2 buah cabe rawit merah
  16. 5 buah cabe keriting

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak

1
Cuci ayam. Rebus sebentar. Buang air rebusan pertamanya.
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 1
2
Haluskan bumbu dan tumis sampai harum. Masukkan bumbu cemplung. Aduk merata.
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 2
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 2
3
Masukkan ayam, sedikit air dan fibercreme. Masak sampai air menyusut.
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 3
4
Bisa panggang dalam oven atau masak terus diwajan sampai air benar2 habis. Siap disajikan.
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 4
Ayam Bakar Bumbu Rujak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo

Sabtu .... Alhamdulillah masih dimudahkan bisa meramaikan Semarak Clover setelah sekian lama absen, karena bbrp kesibukan. Yuk yak yuk ๐Ÿ’ƒ. Ayam bakar solo ini recomended banget selain simpel cara buatnya dan bumbunya meresap loo smp ke tulang, dan gak pakai banyak rempah rempah...cuzz yuk cobaiin. Dan ini ayam bakar solo favorit keluarga. #SoloBalapan #Semarak_SoloBalapan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Semarang #GA_thenextlevel #lihairecook7_Semarang

5 orang
Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Hai cookpaders ...Waktunya posbar CoCom Sumbar nih , sekalian menambah poin buat tim Ayam Berjemur. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘.. Semoga tim Ayam Berjemur menang ya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Udah lama mau masak ayam ini, tapi belum ada waktu, pas bener moment nya n kebetulan juga ada stock ayam di kulkas, jadilah ayamnya dieksekusi n hasilnya , hari ini anakku makannya tambah n katanya , rasanya mantap ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Source: Susan Mellyani Link resep asli ๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/4012796-ayam-bakar-bumbu-rujak?invite_token=ZooHurvaih1zwHo1a7egLE1f&shared_at=1614528448 #PekanPosbarAyam #AyamBerjemur #CookpadCommunity_Palembang #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenApron3 #MamiCay #Feb21 #Basidoncek #Sumandan_AduAyam

8 potong
Ayam bakar rosemary

Ayam bakar rosemary

Awalnya krn di kulkas adanya ayam dan rosemary.. sisaan kentang dan selada romaine... bingung dimasak apa.. akhirnya tercetuslah ide ayam ini

2 orang
1 jam
Ayam bakar semur spesial

Ayam bakar semur spesial

Selamat hari senin semuanya!!!! Untuk yang bosen makan nya semur itu-itu aja, kali ini kita bakal buat ayam bakar semur spesial, biar makin semangat jalani hari!! ๐Ÿ˜๐Ÿฅฐ

6orang
45menit
Ayam bakar kecap ala kadarnya banget๐Ÿ˜Œโœจ

Ayam bakar kecap ala kadarnya banget๐Ÿ˜Œโœจ

Udah dengan pedenya mo buat ayam bakar kecap eeeehh jahenya tak ada doong๐Ÿ˜Œdan bumbu-bumbu ini ala kadarnya saja... Pake sambel sisaan bakso juga๐Ÿ˜Œ๐Ÿคญ๐Ÿ˜… Yang penting maknyoooossss๐Ÿ’ƒ Masaknya pake teflon bisa loh.. #PejuangGoldenBatikApron

3-4 orang
35-40 menit
Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo

Aku nyebutnya ayam bakar solo soalnya ini ayam bakar legit dan aku sandingin sama sambal bacem waduh waduh enaknya bun suwerr deh rugi g recook ๐Ÿ˜ข

Ayam bakar Teriyaki

Ayam bakar Teriyaki

Bismillaah.. Selalu menjadi kesukaan keluarga.. Olahan ayam. Kali ini Ayam bakar teriyaki... Hmm.. yummy โš˜๐Ÿ’ž #olahanayam #ayambakar #ayamteriyaki #ayambakarteriyaki #anekaolahanayam #chicken #grilledchicken

10 orang
50 menit
308. ๐Ÿ‘ฉโ€๐ŸณMarinasi Ayam Bakar Kecap (Prosesnya)

308. ๐Ÿ‘ฉโ€๐ŸณMarinasi Ayam Bakar Kecap (Prosesnya)

Buat saya pribadi, membuat ayam bakar yang Enak itu memang membutuhkan proses yang sangat panjang akan tetapi tidak sesulit yang di bayangkan๐Ÿคญ Salah satu tahapannya adalah Me'marinasi ayam nya terlebih dahulu, dimana ini merupakan Proses awal yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil Ayam Bakar lezat dan enak yang dimana bumbunya itu harus benar-benar meresap sampai ke bagian dalam daging ayamnya. Source : @devinahermawan

Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo

Anjangsananya ComBo minggu ini buat makanan khas Jateng sy cooksnap resep mudah dan enak dari komunitas ComBo juga ๐Ÿ™‚ sekalian ikutan pekan posbar minggu ini #ungkepan #cookpadcommunity_Bogor #dapurtunik #anjangsanakhas_Jateng #PekanPosbar #cooksnap

Ayam bakar madu

Ayam bakar madu

Kangen sama ayam bakar madu, mumpung ada persediaan madu langsung aja dibawa ke dapur hehe

Ayam bakar bumbu sate

Ayam bakar bumbu sate

Sebenernya tanpa rencana sih , pengen sate tp males nusukin satu satu , jd beginilah ๐Ÿ˜‚

8 potong ayam
1 jam
Ayam bakar (Teflon)

Ayam bakar (Teflon)

Udah lama pengen makan ayam bakar,hari ini terealisasi ,menu makan malam,menyambut yg pulang kerja โค๏ธ, bumbunya nyeresep ayam nya empuk ๐Ÿ‘Œ

45 menit
035.Sambal ayam bakar

035.Sambal ayam bakar

Ini serius enak banget ๐Ÿคค berhubung suami gak bgtu suka pedis jadi cabe rawitnya dikurangi. Yang suka pedes bisa ditambah cabe rawitnya ya ๐Ÿ‘

3-5 orang
20-30menit
Ayam Bakar Praktis!!

Ayam Bakar Praktis!!

Being an anak kos yang gampang BM ini itu dan di daerah sini agak sulit nemuin makanan enak harus pinter2 ngakalin bahan yang ada. tibatiba mau makan ayam bakar kayak di rumah, alhasil sok ngide bikin ginian!

2 orang
1 jam 30menit
Ayam Bakar tanpa tulang

Ayam Bakar tanpa tulang

mensiasati agar ayam sekilo jadi buanyak dan nglawuhi๐Ÿ˜‚

-
1 jam 30 menit
Sayap Ayam Bakar Teflon

Sayap Ayam Bakar Teflon

Assalamualaikum sahabat cookpad, awalnya makan sayap ayam ini di acara nikahan temen, dan aq sangat suka dengan sayap ayam. Akhirnya nyampe rumah pengen coba bikin sendiri biar puas makannya, tapi saya buat ala saya karna saya tidak tau resep asli nya..hehehe #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Bandung

5 orang
1 jam