Ayam Bakar Bumbu Rujak

Dipos pada February 3, 2022

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Bakar Bumbu Rujak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Bakar Bumbu Rujak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Bakar Bumbu Rujak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Bakar Bumbu Rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak adalah 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam Bakar Bumbu Rujak diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Bakar Bumbu Rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak memakai 22 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Awalnya suami yang punya resep dan mau masak menu ini, kangen sama ayam bakar warung padang tapi pengen yg ala rumahan , cuman karena 1 dan lain hal, akhirnya aku yang masak deh huuhuhu, hikmahnya jadi bisa bikin ayam bakar ala2 warung padang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak:

  1. 1 ekor ayam negri / pejantan
  2. Bahan Marinase
  3. 2 sdt asem jawa
  4. secukupnya garam
  5. Bumbu halus
  6. 4 siung bawang putih
  7. 8 siung bawang merah
  8. 3 butir kemiri (sangrai)
  9. 3 cabe merah besar
  10. 6 cabe merah kriting
  11. 2 ruas lengkoas
  12. 1 ruas jahe
  13. 2 sendok makan minyak goreng
  14. Bumbu tambahan
  15. 1 batang sereh
  16. 2 lembar daun salam
  17. 2 lebar daun jeruk
  18. 1 sdt merica bubuk
  19. 1 sdm gula merah
  20. 1 sdm gula pasir
  21. 100 ml santan kental
  22. Kaldu secukupnya (aku pake totole kaldu jamur)

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak

1
Potong ayam jadi 10 bagian Siram ayam dengan air asem jawa + garam dan diamkan selama 10 menit
2
Tumis bumbu halus dan tambahkan salam, sereh, daun jeruk hingga matang dan harum
3
Setelah tumisan matang (keluar minyak) masukan ayam dan masak sebentar sambil diaduk, masukan garam, gula pasir, merica, gula merah, dan kaldu
4
Tambahkan santan, lalu aduk dan masak ayam hingga matang
5
Setelah ayam matang dan bumbu mengental, matikan api, dan ayam siap dibakar di grill pan dengan sedikit tambahan minyak
6
Siram ayam yg sudah dibakar dengan bumbu ayam, lalu siap utk disajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam bakar pedas manis

Ayam bakar pedas manis

dan ini adalah fav suami jg πŸ₯° gak pernah ada bosennya sama ayam bakar... apapun yg bakar/ panggang deeeh...πŸ₯°

1 jam
Ayam Bakar Ungkep

Ayam Bakar Ungkep

Maaf ya fotonya kurang bagus, krna memang tadinya ga mau bagi resep πŸ˜‚ Tapi soal rasa, dijamin endul 🀀

4-5 orang
Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

Anak-anak di rumah seneng banget sama olahan ayam. Biar ga bosen ayamnya digoreng terus, mari kita coba dibikin ayam bakar taliwang. Sekalian nostalgia waktu liburan ke Lombok. Berhubung pandemi, jadi sebagai obat rindu liburan ke Lomboknya, kita santap Ayam Bakar Taliwang aja yaaa πŸ˜† Resepnya saya recook dari Bunda Vie Vie. Simpel dan enak, cocok di lidah saya 😊

Ayam bakar simple ala anak kost

Ayam bakar simple ala anak kost

Disaat serba terbatas saat ini, Papa kepengen ayam bakar. πŸ€¦β€β™€οΈ Lihat di kulkas cuma ada ayam paha. Okelah coba kalo anak kost bakalan di eksekusi seperti apa. Yuk cuzzz buat mom yang mager... Ini simple bahkan pake bahan instan yang ada di rumah. #cookpadcommunity_yogyakarta #GA_TheNextLevel #Selaluistimewa

Ayam bakar madu

Ayam bakar madu

Suami suka banget ayam bakar. Setelah berpuluh2 kali percobaan & bermacam2 variasi. Tiba2 pagi ini doi tiba2 blg kalo ayam bakarnya enak. Cus lah kita masukin ke buku resep..

40menit
Ayam Bakar Bacem

Ayam Bakar Bacem

Dah lama ga bikin ayam bakar😁, sekalinya bikin lagii,, yang sulung makannya nambah teroosπŸ˜„,, Source :Dhilasina #cookpadcommunity_Cilegon #pekanrayaayam #pekanposbarayam #ayamberjemur

Bumbu oles ayam bakar Andalan

Bumbu oles ayam bakar Andalan

#PejuanggoldenbatikApron

Ayam bakar tulang lunak

Ayam bakar tulang lunak

Ini enak banget ya..gara2 suami slalu saja minta d presto terlebih dahulu stiap mengolah ayam jadi daripada terus di goreng nyobain buat di bakar atau di panggang ternyata enak banget apalagi dagingnya yang super empuk dan tulangnya juga yg empuk

4 porsi
1jam
Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

Dapat resep dari youtube Devina Hermawan, cuma disini saya skip kencur, karena saya kurang suka dengan rasa dan aroma kencur. Tapi rasa sdah best banget sih ini. Ayamnya lebih juicy, nendang sekali rasanya. Makan pakai nasi anget di tambah beberuk terong, mantul sekali. #SemeruColam #SeleraMasakNusantaraLombok #Colam_KakenanPalingDemen #CookpadCommunity_Malang

Ayam Bakar Teflon + Sate Telor Puyuh bumbu madu kecap

Ayam Bakar Teflon + Sate Telor Puyuh bumbu madu kecap

2 hari berturut2 menunya ayam sampai bingung mau dibuat apa lagi. akhirnya buat ayam bakar di bumbui dengan madu.. recommended nih buat dicoba.

4 orang
45 menit
Ayam Bakar Bumbu RujakπŸ”πŸŒΆπŸŒΆπŸ‘©πŸ»β€πŸ³πŸ‘©πŸ»β€πŸ³

Ayam Bakar Bumbu RujakπŸ”πŸŒΆπŸŒΆπŸ‘©πŸ»β€πŸ³πŸ‘©πŸ»β€πŸ³

Ini adalah resep turun dari alm.ibu dan menu favorit keluarga kami..😊😊πŸ₯°πŸ₯°

5 orang
1 jam
Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo

4 orang
1 jam 30 menit
Ayam bakar

Ayam bakar

4 orang
50 menit
Ayam Bakar Solo

Ayam Bakar Solo

Lihat resep ini jadi kepengen bikin gimana rasa nya ayam bakar Solo nya Teh yunita, eeh enak apalagi dicocol sambal mantuuuulπŸ‘πŸ‘πŸ‘...lagi pula ayam dibakar lebih sehat dan lagi bosan juga digoreng atau diolah lain nya πŸ˜ƒ #BandungArisanRecook4_HadlenyKitchen #PejuangGoldenApron3 #Minggu15 #CookpadCommunity_Bandung

3 orang
Ayam Bakar Madu

Ayam Bakar Madu

3 orang
1 jam 30 menit
Sop & ayam bakar madu

Sop & ayam bakar madu

Source : @myhomemadefood ( dengan penyesuaian) Menu makan malam kali ini sedikit istimewa, semenjak gabung @genkpeda bisa makan enak terus tiap hari πŸ˜‚ oiya, di resep punya mba Ika tuh sebenarnya pakai iga sapi, tapi karna gak ada, ya udah pake ayam aja, temenΒ² jg malah ada yg pake ceker untuk pengganti iga, berhubung ceker ayam yg ada cuma 2 biji, fix lah pake ayam aja 🀭 Makasih mba Ika resepΒ²nya emang juara, semoga mba Ika sehatΒ² selalu bersama keluarga tercinta β€πŸ€— #CookmemberGenkPeda2_IkaP #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PejuangGoldenBatikApron

Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang

4 orang
75 Menit
Ayam Bakar Kecap

Ayam Bakar Kecap

Source: Nadia Hayu . Masih punya stok ayam 2 potong pengen dibakar disantap dengan sambel goreng dan lalapan, terlampir juga resep sambelnya ya Resep saya modif untuk beberapa komposisi bahan . #resepayambakar #olahanayam

2 potong